tagline

 
Download applikasi "Manis" & donasi utk SaVe -- Pesan makanan lwt Grab Food & donasi utk SaVe -- SaVe sdh #BedahRumahVeteran di Denpasar, Surabaya, Cengkareng, Bantul, Cilincing, Bogor, Karanganyar, Klaten, Ciawi, Gorontalo, Kota Bandung, Kab Bandung, Semarang, Boyolali dan Kudus -- Ayo ikutan penggalangan dana #BedahRumahVeteran di KitaBisa.com -- Ayo ikutan #Aksi1000Mainan @Sahabat_Negeri

Kakek Djamhari, Sang Veteran Pejuang

Oleh #SaVer @ati_prasodjo

Namanya kakek Djamhari. Lahir tahun 1928. Beliau #VeteranPejuang .

Saat berkeliling untuk kunjungan ke rumah-rumah #Veteran bersama komunitas #GERASERI, kami tak menyangka sekali dapat bertemu dengan beliau. Tujuan kami hanya menyambung #silaturahmi pada para Veteran yg sedang kurang sehat atau membutuhkan perhatian.

Kakek Djamhari tinggal di sebuah rumah kontrakan Rp 100.000 rupiah/bulan. Dapat dibayangkan bagaimana kondisinya. Saat ini beliau juga sudah sering sakit-sakitan. Untuk berobat ke rumah sakit yang melayani Askes terasa sangat berat. Karena ongkospun seringkali harus pinjam dulu kepada tetangga.

Dana tunjangan pemerintah yang didapatnya tiap bulan sudah terpotong banyak tiap bulan untuk membayar hutang berbagai macam kebutuhan keluarga.

Ketika kami datang beliau tersenyum lebar dan terlihat semangat. Tak ada sama sekali keluh kesah yg keluar dari bibirnya. Hanya istri beliau yg lancar melepas kegalauan krn kekhawatiran pada kondisi suami.

Kakek Djamhari berulang kali berterima kasih pada kami krn mau mengunjunginya. Demikianlah karakter #pejuang. Kondisi fisik yg kurang nyaman begitu pula kondisi rumah dan apalagi ekonomi yg jauh dari mapan, bukan alasan untuk membuatnya tak tersenyum dan tetap tenang.

Walau kami berusaha mengisi pembicaraan dg cerita-cerita gembira, tak dpt dihindari para mahasiswa banyak yg menutupi wajah krn menetes air mata melihatnya. Perjumpaan kami tak lama. Tapi banyak sekali pelajaran berharga yg tak terucap hanya berbentuk kata.

Bangganya menjadi cucu2 bangsa yg tegar. Tanpa melupakan kekhilafan, kiranya kini saatnya anak cucu pendiri bangsa bebenah memperbaiki diri. Semoga kita tak akan menjadi bangsa yg kualat krn tak tahu diri. Membiarkan orangtuanya tak terurus sementara kita berjalan dengan pongah memakai pakaian bagus.

#Renungan

#Geraseri adalah komunitas Gerakan menabung Seribu Sehari. Terdiri dr mahasiswa berbagai perguruan tinggi, yg berkomitmen menabung tiap hari untuk berbagi.

#SahabatVeteran
@sahabat_veteran
www.sahabatveteran.or.id

Follow Us On Twitter

Like Us

Instagram

Link Sahabat

lvri

logo-sane