tagline

 
Selamat Tahun Baru 2020
Tuesday, 14 May 2013 16:08

Sejarah

veteran-01Terdorong oleh respon yang sangat luar biasa atas tulisan dan foto yang dikutip dan diulas oleh Asvi Warman Adam – seorang sejarawan LIPI – berjudul “A Liter of Tears for the Forgotten Heroes”, kami dengan ragam latar belakang yang berbeda bersepakat membentuk sebuah yayasan yang bertujuan untuk memberikan perhatian yang lebih besar kepada para Veteran yang telah memberikan baktinya bagi kemerdekaan negara Indonesia.

Dalam tulisan tersebut dijelaskan dengan sangat mendalam betapa seseorang seorang Veteran harus dengan bersusah payah mengisi sisa hidupnya dalam sebuah keterasingan, kemiskinan, dan tanpa kepastian. Hanya kebanggaan pribadi yang dia sandang, yang mungkin hanya dia sendiri yang tahu seberapa berpeluh dan berdarahnya usahanya untuk memerdekakan dan mempertahankan kemerdekaan negeri ini. Di tengah kesibukan yang semakin individualistis, banyak orang telah mengabaikan nilai-nilai perjuangan para pendahulunya. Setelah mereka bersusah payah bertaruh nyawa danharta untuk menjadikan negara ini berdaulat lalu meregang nyawa untuk mempertahankannya, para generasi penerusnya dengan mudah melupakan jasa-jasa mereka.

Dengan di latar belakangi oleh hal tersebut, maka pada tanggal 10 November 2010 yang juga bertepatandengan hari Pahlawan, dibentuklah Yayasan Sahabat Veteran Indonesia - sebuah gerakan moral masyarakat yang peduli Veteran dengan memberikan sedikit sumbangsih kepada para Veteransebagai bentuk perhatian atas jasa-jasa yang telah mereka berikan untuk bangsa Indonesia. Yayasan ini berdiri atas kesadaran masing-masing individu yang tergerak untuk memberikan sebagian perhatiannya bagi kesejahteraan para Veteran Indonesia.

Sahabat Veteran berdiri tanpa memandang suku, ras, agama, gender, umur, angkatan, golongan, kelompok, pangkat, jabatan, dan lain-lainnya. Sahabat Veteran juga diharapkan menjadi sebuah wadah yang terbuka bagi semua kalangan untuk bisa berpartisipasi dalam segala bentuk proses pensejahteraan para Veteran serta berpartisipasi dalam pendidikan nasionalime dan kebangsaan khususnya bagi generasi muda.

Last modified on Monday, 10 February 2014 23:10

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Follow Us On Twitter

Like Us

Link Sahabat

lvri

logo-sane