tagline

 
Selamat Tahun Baru 2020
Monday, 06 May 2013 21:49

#BedahRumahVeteran


Salah satu program utama Sahabat Veteran adalah pengadaan tempat tinggal yang layak yang dicanangkan pada pertengahan tahun 2011 melalui program “Sahabat Peduli: 1000 Hunian Layak Veteran”. Dasar pertimbangan program ini kebutuhan dasar manusia termasuk juga untuk Veteran setelah sandang dan pangan adalah papan.

Banyak Veteran yang kebutuhan sandang dan pangannya belum sepenuhnya terpenuhi sebagaimana layaknya seorang Veteran, namun nampaknya lebih banyak lagi Veteran yang belum terpenuhi kebutuhan papannya secara layak. Sebagai anak bangsa yang telah berjasa sangat besar untuk bangsa dan negara Indonesia, jangankan memiliki, masih banyak Veteran yang tinggal atau menumpang tinggal di tempat-tempat yang tidak atau kurang layak huni.

Setelah melalui serangkaian diskusi kami sampai pada kesimpulan tempat tinggal yang sesuai adalah semacam bentuk asrama. Asrama tersebut dirancang ramah lingkungan serta juga mengusung isu-isu terkini seperti urban farming dan akan diprioritaskan pada wilayah-wilayah yang banyak memiliki Veteran yang belum memiliki tempat tinggal yang layak huni.

Besarnya hunian sangat bervariasi tergantung pada tersedianya dana dan lahan. Setiap bangunan akan terdiri dari 10 sampai maksimal 12 unit hunian. Untuk jumlah unit hunian yang lebih banyak akan dibuatkan bangunan tersendiri lagi yang merupakan kelipatan 10 sampai 12 unit hunian.

Sampai saat ini, karena pelbagai keterbatasan maka program  “Sahabat Peduli: 1000 Hunian Layak Veteran” belum dapat terlaksana, namun hal ini tidak menyurutkan niat dan semangat Sahabat Veteran untuk dapat membantu Veteran prasejahtera memiliki tempat tinggal yang layak.

Dalam beberapa kali kesempatan  Sahabat Veteran mulai membantu memperbaiki beberapa tempat tinggal Veteran walaupun masih dalam kapasitas yang terbatas.

Memasuki tahun 2014 Sahabat Veteran membulatkan tekat memulai program #BedahRumahVeteran sebagai bagian dari program “Sahabat Peduli: 1000 Hunian Layak Veteran”. #BedahRumahVeteran diharapkan dilakukan paling tidak 1 rumah di setiap kabupaten. Sampai sejauh ini telah dilakukan di Bogor Jawa Barat, Denpasar Bali, Bantul Yogyakarta, Cengkareng Jakarta Barat, Klaten Jawa Tengah, Karanganyar Jawa Tengah, Cilincing Jakarta Utara, Ciawi Jawa Barat, Kota Bandung.

 

 

[Unduh proposal "Bedah Rumah Veteran"]

Last modified on Sunday, 26 July 2015 03:26

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Follow Us On Twitter

Like Us

Link Sahabat

lvri

logo-sane