tagline

 
Download applikasi "Manis" & donasi utk SaVe -- Pesan makanan lwt Grab Food & donasi utk SaVe -- SaVe sdh #BedahRumahVeteran di Denpasar, Surabaya, Cengkareng, Bantul, Cilincing, Bogor, Karanganyar, Klaten, Ciawi, Gorontalo, Kota Bandung, Kab Bandung, Semarang, Boyolali dan Kudus -- Ayo ikutan penggalangan dana #BedahRumahVeteran di KitaBisa.com -- Ayo ikutan #Aksi1000Mainan @Sahabat_Negeri
Monday, 19 June 2017 15:15

Pengadilan Allen Lawarence Pope

dikirim dan diwarna oleh sobatku : Iwan K. Soewondo

Pengadilan Allen Lawarence Pope

Seorang Pilot AS Allen Lawrence Pope saat menjalani sidang di Pengadilan Militer setelah pesawat B-26 yang dipilotinya tertembak jatuh di Pulau Morotai Kep. Maluku oleh Pesawat Mustang P-15 AURI yang dipiloti oleh Kapt. Ign. Dewanto dan gempuran tembakan beruntun dari Kapal Pemburu AL pada 15 Mei 1958. Penangkapan terhadap Allen Pope membuka Kedok AS dalam keterlibatannya pada aksi separatis yang dilakukan oleh Kelompok Pemberontak Permesta di Sulawesi pada tahun 1958.

Peristiwa tertangkapnya Allen Pope adalah tamparan bagi Amerika. Itu mungkin terwakili dalam kalimat Allan Pope ketika tertangkap. Setelah pesawat B-26 yang dipilotinya jatuh dihajar mustang AU dan kapal pemburu AL, Allen Pope sempat berkomentar: “Biasanya negara saya yang menang, tapi kali ini kalian yang menang”.
Amerika berusaha mati-matian minta pilotnya dibebaskan. Segala cara pun mulai dilakukan untuk mengambil hati Bung Karno. Eisenhower mengundang Soekarno ke AS bulan Juni 1960. Lalu Soekarno juga diundang John Kennedy di bulan April 1961. Di balik segala alasan diplomatik tentang kunjungan itu, tak bisa disangkal itu semua buntut dari cara Bung Karno memainkan kartunya terhadap Amerika.

Selama periode itu, Bung Karno main tarik ulur dengan pembebasan Pope. Tarik ulur itu berjalan alot. Karena Bung Karno tidak mau melepaskan Pope begitu saja. Bung Karno sengaja berlama-lama “memiting leher” Allan Pope sebelum Amerika meng-iya-kan permintaan Indonesia. Amerika mati kutu. Tak ada jalan lain. Negosiasi pun segera dimulai. Negosiasi alot yang memakan waktu 4 tahun, sebelum akhirnya Allen Pope benar-benar bebas pada Februari 1962.

#repathAncho

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Follow Us On Twitter

Like Us

Instagram

Link Sahabat

lvri

logo-sane